yang unik unik, aneh , absurd, tips, trik, apajadah insya alloh ada di mari :D

Friday, January 29, 2016

Tata Surya Miliki Planet Baru?

Dalam laporan yang dirilis The Astronomical Journal, Rabu (20/01/16), astronom dari California Institute of Technology menyatakan keyakinan mereka akan keberadaan satu planet baru, yang hampir seukuran dengan Neptunus.
Bukti baru akan adanya planet lain dalam tata surya disodorkan oleh dua peneliti dari California Institute of Technology (Caltech), Konstantin Batygin dan Mike Brown. Lewat penelitian mereka, kedua astronom ini mendapatkan adanya sebuah planet, yang 10 kali lebih besar dari Bumi, mengorbit matahari dalam jalur berbentuk elips.

Dikatakan mereka, saat tata surya terbentuk 4,5 miliar tahun lalu, planet tersebut tersingkir dari konfigurasi planet-planet dekat matahari. Namun planet ini tampaknya masih tetap ada mengitari matahari setiap 15.000 pada jarak yang sangat jauh dari matahari. Untuk perbandingan, Neptunus, yang berjarak sekitar 4,5 miliar km dari matahari, mengorbit matahari setiap 165 tahun.

Hasil penelitian Konstantin Batygin dan Mike Brown merupakan bukti terkuat yang tersedia saat ini dalam pencarian planet ke-9, Planet IX, setelah Neptunus. Namun Brown dan Batygin mengatakan, selama planet ini belum tertangkap teleskop, masih belum bisa dikatakan bahwa tata surya kini memiliki 9 planet.

sumber : dw.com
0

0 komentar:

Post a Comment