yang unik unik, aneh , absurd, tips, trik, apajadah insya alloh ada di mari :D

Saturday, March 24, 2012

sejarah smurf

Salah satu tokoh fave gw waktu kecil, sampe sekarang juga masih suka aja ngeliat nya. Menyambut munculnya film Smurf di bioskop, berikut sedikit sejarah para kurcaci biru setinggi 3 buah apel tsb 



The Smurfs (Les Schtroumpfs - Prancis, De Smurfen - Belanda) adalah waralaba untuk komik dan televisi mengenai sekelompok mahluk biru fiktif yang disebut Smurfs, awalnya diperkenalkan dalam bentuk comic stripsoleh kartunis Pierre Culliford (ia menggunakan nama Peyo dalam karyanya) pada 23 Oktober 1958. Bahasa unik para Smurf berawal saat makan malam Peto dengan temannya yang bernama André Franquin di Belgia. Karena lupa akan kata 'garam', Peyo meminta Franquin (dalam bahasa Prancis) untuk memberikan padanya 'schtroumpf'. Sambil bercanda, temannya menjawab "Ini schtroumpf nya, dan bila kamu sudah selesai melakukan schtroumpf, silahkan shctroumpf kembali..", kedua nya kemudian melanjutkan pembicaraan menggunakan bahaca schtroumpf. Nama ini kemudian diterjemahkan ke bahasa Belanda sebagai Smurf, dan diadopsi untuk bahasa Inggris.

Saat ia menemukan ide untuk Smurf, Peyo saat itu dikenal sebagai pencipta, penulis, komikus untuk serial komik Prancis-Belgia dengan judul Johan et Pirlouit (dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Johan dan Peewit; di Indonesia dikenal sebagai Johan dan Pirlouit), dengan setting masa Abad Pertengahan lengkap dengan ciri khas pendekar dan penyihir. Pada tahun 1958, majalah Spirou menerbitkan kisah La Flûte à six trous (Seruling dengan Enam Lubang). Petualangan menemukan suling ajaib, Johan dan Pirlouit bertemu dengan mahluk kecil berkulit biru disebut Smurf, yang kemudian memperkenalkan para Smurf dan pemimpinnya yang mengenakan topi merah dan mempunyai janggut putih. Karena karakter tersebut sukses diterima, maka pada 1959, Spirou menerbitkan cerita yang sepenuhnya menampilkan para Smurf. Kisah seruling dengan enam lubang kemudian diganti nama menjadi Seruling dengan Enam Smurf (seperti terbitan di Indonesia). Kesuksesan Smurf ditandai juga dengan tumbuhkan permintaan untuk pernak pernik, miniatur, permainan dan mainan. Beberapa kelompok kolektor bahkan mendedikasikan diri untuk mengumpulkan pernak pernik yang terbuat dari bahan PVC.



Sampai saat ini, prestasi yang sudah diperoleh serial ini:
1. oleh IGN disebut sebagai serial animasi berperingkat 97
2. pada peringatan 50tahun Smurf dan 80tahun Peyo, koin koleksi benilai tinggi diproduksi, bertuliskan: 5 Euro Belgia - HUT 50 tahun Smurf, pada tahun 2008.
0

0 komentar:

Post a Comment