yang unik unik, aneh , absurd, tips, trik, apajadah insya alloh ada di mari :D

Sunday, March 25, 2012

Inilah Arti Indon, Julukan Malaysia ke Indonesia



Anda pernah ke Malaysia? Kalau sudah pasti tahu apa sebutan atau julukan mereka untuk negara kita, Indonesia. Mereka selalu menyebut negara kita dan TKI yang ada di sana sebagai Indon yang artinya jongos atau budak (belian).

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) DPR RI, Sidharto, mengakui Malaysia sudah dua dekade lebih menggunakan sebutan Indon untuk negara kita atau pendatang dari Indonesia.

Namun, mereka lihai menggunakan kata-kata itu. “Jika berkomunikasi dengan sesama elit, Malaysia katakan, kita bangsa serumpun. Tetapi, ketika lawan bicaranya itu TKI atau TKW dan sejenisnya, Malaysia panggil kita Indon,” tutur Sidharto di Jakarta, Sabtu malam, 28 Agustus 2010.

“Tahu apa arti Indon bagi kalangan Malaysia?,” kata Sidharto mempertanyakan, yang kemudian dijawabnya sendiri, “Ini benar-benar menyakitkan, karena merendahkan martabat kita yang disebutnya sebagai bangsa serumpun. Karena Indon itu sama artinya dengan jongos atau budak (belian),” ungkap anggota Komisi I DPR ini.

Sidharto mengharapkan, sebutan merendahkan untuk bangsa kita itu jangan dianggap sepele. “Semua hal ini harus menjadi atensi serius serta diangkat sebagai fokus pembicaraan pada pertemuan delegasi RI-Malaysia, 6 September nanti,” ingat Sidharto. (an/ham)
0

0 komentar:

Post a Comment